Saturday, February 4, 2017

Apa itu Explanation Text? PENJELASAN & CONTOH

Explanation Text | Bagi yang sedang belajar bahasa Inggris, materi pelajaran genre (jenis-jenis teks bahasa Inggris) tentunya akan selalu muncul disetiap semesternya. Ada beberapa jenis teks bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah, salah satunya adalah Explanation Text. Untuk membantu temen-temen dalam memahamai apa itu explanation text, berikut adalah penjelasan singkatnya.

1. Pengertian Explanation Text

Explanation text menjadi sesuatu teks yang diisi perihal proses-proses yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, soisal, ilmu dan pengetahuan, budaya serta yang lain. sesuatu explanation text kebanyakan datang dari pertanyaan penulis perihal ‘why’ serta ‘how’ pada satu fenomena yang ada.

2. Fungsi Explanation Text

Adapaun tujuan dari explanation text yaitu untuk menerangkan proses-proses yang berjalan didalam pembentukan atau kesibukan yang perihal dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu dan pengetahuan, budaya, serta yang lain yang memiliki tujuan menjelaskan.

3. Generic structur explanation text

Didalam explanation text wajib ada tiga unsur sisi susunan kata-kata explanation text, yakni :

a. General Statement
Didalam general statement diisi perihal penjelasan umum perihal fenomena yang bakal dibicarakan, dapat berwujud pengenalan fenomena tersebut atau penuturannya.

b. Squenced of Explanation
A squenced of explanation diisi perihal penjelasan sistem kenapa fenomena tersebut dapat berjalan atau tercipta. a squenced of explanation berwujud jawaban dari pertanyaan ‘why’ serta ‘how’ penulis disaat bikin sesuatu explanation text. didalam squenced of explanation dapat terdiri kian lebih satu paragrap.

c. Closing
sebetulnya closing itu tidak terlist didalam generic structure dari explanation text, tapi rata-rata orang memiliki anggapan bahwa paragraf paling akhir dari sesuatu explanation text yaitu closing, walaupun sebenarnya itu menjadi sisi dari squenced of explantaion yang diisi perihal langkah akhir yang diterangkan pada sisi squenced of explanation.

4. Ciri-ciri

Agar lebih jelas lebih detil dari explanation tersebut, maka explanation text wajib ada beberapa ciri yang salah satunya adalah:
  • memanfaatkan sederhana present tense,
  • mengguankan abstract noun ( kata benda yang kelihatan ),
  • mengguanakan passive voice,
  • memanfaatkan action verbs. 

5. Contoh

Berikut kami hadirkan beberapa contoh explanation text beserta aritnya:

Itulah penjelasan singkat tentang Explanation Text yang mencakup pengertian, fungsi, generic struktur, ciri-ciri, dan contohnya. Semoga bisa membantu pembaca sekalian dalam mempelajari explanation text. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment